Oleh: pak mayar | Maret 17, 2009

Ulangan Tengah Semester

Kmarin pagi, aku bersiap-siap untuk ulangan tengah semester. Bahan tidak banyak dan handsout sudah aku berikan jauh hari sebelumnya ke anak-anak. Aku berharap kali ini hasilnya akan baik. Sejauh ini aku sudah berusaha semampuku untuk mengemas pelajaran dengan menarik. Dengan presentasi power point, video dan animasi yang aku miliki dari beberapa software dan materi dari internet sepengetahuanku anak-anak cukup senang belajar denganku. Setiap bel akhir pelajaran mereka tidak mau keluar kelasku bila aku tidak membujuknya. Jadi pagi ini rasanya tidak salah kalau aku berharap anak-anak didikku akan siap menghadapi ulangan.

Apakah seperti itu yang terjadi? Ternyata tidak.  Aku menjumpai di tiap kelas selalu saja kelompok siswa yang mengerjakan kertas ulangan dengan tidak ada gairah. Bahkan sejak lima menit pertama mereka kelihatan sudah menyerah. Tidak bekerja, tidak menulis. Jika ada kesempatan mereka akan bertanya kepada kawannya. Biasanya aku tidak punya ampun dengan anak-anak ini. Ia akan aku awasi dengan ketat. Bila perlu aku akan berdiri di belakangnya sepanjang jam ulangan berlangsung. Bila mereka nekad aku akan ambil kertas ulangan dan mengusirnya keluar kelas. Tapi hari ini aku bersikap lain. Kudatangi mereka, kutepuk pundaknya dan kutanya dengan ramah.

“Kenapa soalnya susah ya ?”

“Ya pak, sulit sekali”

“Ya coba semampunya, kalau gagal nanti remidi belajar lagi”

“Ya Pak”

Aku sadar anak ini sebenarnya tidak belajar. Aku sadar bahwa mereka tidak menjalankan tugasnya. Aku juga sadar bahwa karena itu mereka salah. Tapi aku tidak mau serta-merta menghukumnya sekarang juga pada waktu ulangan. Anak ini tahu mereka tidak punya tanggung jawab tetapi kini mereka membutuhkan bantuan untuk itu. Anak tidak dilahirkan untuk jadi anak bandel dan tidak punya tanggung jawab. Ada keadaan yang membuat itu semua terjadi  dan itulan yang seharusnya digali.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: