Oleh: pak mayar | Maret 18, 2009

Catatan Kebangkitan Nasinal

Edisi khusus Tempo mengenang 100 tahun kebangkitan nasional hadir menyentakku. Edisi ini mengangkat seratus torehan sejarah tentang Indonesia. Seratus tulisan orang Indonesia yang mewakili jamannya untuk memotret wajah Indonesia. Ini mengingatkanku tentang keinginanku untuk melakukan hal yang sama. Menulis tentang Indonesia. Sesuatu yang telah lama aku tinggalkan, karena rutinitas, karena tenggelam oleh waktu. Kadang juga tenggelam oleh kesenangan yang tidak mencerahkan.

Segala sesuatu bermula dari pemikiran dan jaman akan memberi kesempatan bagi segenap upaya untuk mewujudkannya. Sejarah dibangun dari kegigihan, sikap keras kepala, keberanian dan kegetiran. Setiap saat dibuktikan kegemilangan yang dicapai hadir karena pengorbanan yang besar. Kini saatnya memulai kembali perjalanan panjang, pergulatan yang sepi. Menyusuri perjalanan riuh bangsa Indonesia yang hiruk pikuk namun tanpa satu nilai pun yang mampu diwujudkannya. Ada begitu banyak moment dan warna yang dapat aku potret. Tidak akan kekurangan sumber bagi ide permenunganku.

Modalku tentu adalah membuka diri seluasnya bagi segala kejadian yang sedang mengemuka, menyerap sebanyak-banyaknya dan mencari keheningan untuk merumuskannya sebagai buah pikiran yang membuka wawasan baru,sudut pandang baru. Tulisanku merayakan kemerdekaan, sikap inklusif, plural dan multikultural. Tetapi tidak saja kaya akan pengolahan batin, sudah pasti ia harus diperkaya oleh kekayaan pemikiran sebelum aku yang telah kokoh dalam sejarah pemikiran dunia. Ini tentu butuh kerja keras. Tetapi ini harus ditempuh sebagai prasyarat yang harus ditebus. Sebuah asketisme intelektual yang secara rohani harus dilalui untuk mencapai kesempurnaan. Sesuatu harus kumulai kembali, seperti pepatah life begin fourty.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: