Oleh: pak mayar | Maret 18, 2009

Peran Ortu Dalam Keberhasilan Siswa

Tulisan ini ditulis berdasarkan keprihatinan saya sebagai guru yang kadang iba melihat siswa yang tidak mendapat dukungan belajar yang baik dari orang tuanya. Peran orang tua sebagai pendidik utama anak tidak dapat digantikan siapapun. Maka sikap orang tua yang menyerahkan seluruh urusan pendidikan anaknya pada pihak sekolah sesungguhnya tidak tepat. Lantas peran apa yang harus dijalankan orang tua dalam mendukung keberhasilan belajar anaknya?

  1. Menyiapkan pondasi yang kokoh untuk belajar.

Siswa akan berhasil dalam studinya bila ia memiliki pondasi yang kokoh yaitu; kebiasaan belajar, ketekunan/kerja keras, kemampuan mengatasi hambatan. Orang tua punya andil untuk menumbuhkan 3 hal ini di dalam keluarga. Ketiga hal di atas harus ditanamkan sejak kecil saat anak usia prasekolah.

  1. Keteladanan

Jika kita menginginkan anak kita belajar, maka kita harus memberikan keteladanan. Anak akan sulit menerima bila ia dipaksa belajar, tidak boleh banyak nonton TV sementara orang tuanya nonton TV saat ia belajar. Akan baik kalau orang tua mendukung anaknya, menunggui sambil baca buku atau koran.

  1. Kerjasama dengan sekolah

Orang tua harus membangun kerjasama yang baik dengan sekolah. Ini penting agar orang tua tahu persis pendampingan yang dilakukan pihak sekolah bagi anaknya. Pendampingan di dalam keluarga dan di sekolah seharusnya bersifat saling mendukung. Tanpa ada komunikasi yang baik segala upaya sekolah akan sia-sia bila tidak mendapatkan dukungan dari keluarga.

  1. Memahami perkembangan anak

Orang tua wajib memahami perkembangan anaknya. Anak tumbuh dari anak-anak, remaja dan dewasa. Pola pendampingan orangtua tentunya juga akan berkembang seiring perkembangan anak. Di sini orang tua harus berbesar hati bila cara-cara mendidik anaknya tidak lagi cocok dengan perkembangan anaknya. Mau tidak mau ia harus terus belajar, termasuk belajar dari kegagalanya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: