Oleh: pak mayar | Maret 26, 2009

Manipulasi DPT dan Nilai Demokrasi

Seorang jendral polisi mundur karena kasus manipulasi DPT Pilgub Jawa Timur. Kapolda Jawa Timur itu sebelumnya diganti karena mengusut penggelembungan DPT Pilgub Jatim di Sampang dan Bangkalan. Pilgub ulangan yang dimenangkan pasangan yang di Sukarwa – Saifullah Yusuf ini didukung oleh Partai Demokrat. Semua orang kini menduga-duga siapa pihak yang paling bertanggung jawab dengan masalah ini.

Pemilu tinggal hitungan 14 hari lagi dan kasus ini belumlah jelas apa yang sesungguhnya terjadi. Kini semua partai sibuk menguji DPT pemilu 9 April nanti. Kasus manipulasi DPT pilgub Jatim telah menghidupkan alarm bagi kita semua agar waspada terhadap kecurangan sistematis pada pemilu nanti.

Seharusnya kasus manipulasi pilgub Jatim diusut tuntas dahulu. Pulihkan kepercayaan masyarakat dan buktikan jika pemerintah dan partai berkuasa tidak terlibat dalam kasus tersebut. Ini akan menjadi modal penting untuk menjamin legitimasi politik hasil pemilu 2009. Tapi ini memang sulit, konspirasi politik tingkat tinggi sulit untuk dibongkar. Hanya seorang jendral polisi saja tidak akan cukup.

Sekarang semua orang bertanya-tanya bagaimana legitimasi politik gubernur Jatim yang baru. Meski ia sudah dilantik tapi kasus ini sedikit banyak mengurangi legitimasi politiknya. Nah kalau kasus ini merebak di mana-mana pada pemilu nanti, bisa celaka kita. Perselisihan hasil pemilu akan terjadi di mana-mana.

Sepanjang sejarah hanya ada 3 pemilu demokratis di Indonesia, yaitu pemilu 1955, pemilu 1999 dan pemilu 2004. Bagaimana nasib pemilu 2009 nanti saya tidak punya jawaban pasti. Tapi jika kasus manipulasi DPT ini nanti masih saja terjadi, jawabannya sudah jelas, pemilu 2009 akan menjadi bagian hitam dalam sejarah politik Indonesia.

Kini tinggal parpol kontestas pemilu harus kerja keras. Usut tuntas semua kecurigaan yang muncul dalam DPT pemilu 2009. Partai yang tidak berkuasa tentu harus bekerja lebih keras untuk menemukan semua penyimpangan yang mungkin ada.


Responses

  1. apa ya DPT itu :
    Dia Punya Tendensi (politis)
    Dilema Pemilu Terkini
    Djangan Percaya Teman (sendiri)
    (ti)Dak (di)Pilih Tjiloko
    Duit Punya Tjara (menang)
    (punya) Duit Pasti Terpilih….
    he..he.. maksa..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: