Oleh: pak mayar | April 15, 2009

Golkar Paska Pemilu 2009, Oposisi dan Oportunis dalam Politik Indonesia

JK bertemu SBY Senin malam 13 April 2009. Inilah politik pragmatis Golkar sesudah pemilu 2009. Menarik mengamati perkembangan politik Golkar sebelum dan sesudah pemilu 2009.

Masih ingat orang-orang Golkar sakit hati pada Demokrat ? Gara-gara dikatakan Golkar hanya akan mendapat suara 2 % oleh Wakil Ketua Partai Demokrat. Sesudah itu santer keinginan orang Golkar untuk mengusung JK menjadi capres dari Golkar.

Tapi hasil pemilu caleg 2009 berbicara lain. Demokrat menang telak atas Golkar. Kini orang Golkar kelabakan. Tetap mengusung JK sebagai capres pada pemilu presiden nanti akan menjadi pertaruhan besar bagi Golkar. Agaknya mereka sadar JK bukanlah lawan yang sungguh sepadan untuk menandingi popularitas SBY.

Kini orang Golkar berubah arah. Kemarin ia bilang bisa “Lebih Cepat Lebih Baik” dibanding SBY. Sekarang ? Apa ya yang kira-kira diucapkan JK pada SBY pada pertemuan Senin malam kemarin. Siapa nih bisa kasih bocoran ? Kalau press release biasanya kan basa-basi. Tapi intinya sih jelas Golkar ingin duet SBY-JK bisa dilanjutkan di babak kedua. Kira-kira SBY mau nggak ya. Soalnya kini ia bisa jual mahal.

Seandainya Golkar menang dalam pemilu caleg 2009 tentu kejadiannya akan lain. Lebih Cepat dan Lebih Baik akan bertanding melawan Lanjutkan. JK dan Golkar akan lebih pede dan benar-benar maju mencalonkan diri sebagai presiden. Kini rasa percaya diri itu telah kempes.

Golkar sesungguhnya masih punya peluang untuk membangun kubu ketiga sesudah munculnya kubu SBY dan kubu Mega. Cuma peluangnya memang tipis. Partai tengah sudah habis masuk kubu Mega dan SBY. Tinggal partai-partai kecil. Kelemahan Golkar memang pada sosok JK. Barangkali benar, JK adalah cawapres yang paling oke, tetapi untuk capres ia tidak oke. Survey membuktikan dan hasil pemilu juga membuktikan itu.

Membangun oposisi dengan kubu Mega sebenarnya adalah pilihan yang lebih elegan. Oposisi yang kuat juga dibutuhkan negeri ini. Tentu visinya harus luhur. Tidak untuk mencari kesempatan mengguncang kedudukan presiden pilihan rakyat. Tetapi untuk mengontrol agar pemerintah sungguh-sungguh menjalankan kehendak rakyat. Kepentingan rakyat kepentingan bangsa adalah nomer satu. Jika oposisi lemah.. wah gawat. Jika pemerintah salah ia bisa kebablasan. Ujung-ujungnya rakyat juga yang akan menderita. Kita negeri kaya raya tapi rakyatnya miskin raya, coba salah siapa? Salah yang ngurus negara kan?

Apakah ada yang aneh dengan politik plintat-plintut partai Golkar ini ? Tidak. Kita semua sudah ngerti Golkar tidak punya keberanian yang besar untuk jauh-jauh dari kekuasaan. Menjadi oposisi, wah berat itu. Orang Golkar tidak bakalan sanggup. Kekuasaan itu nikmat. Tidak jadi presiden ya wapres juga oke. Syukur dapat 4 atau 5 menteri. Politik yang tidak punya visi yang jelas ya akhirnya terjebak dalam sikap oportunis. Anda setuju ?

Powered by Zoundry Raven

Technorati : , , ,
Del.icio.us : , , ,
Zooomr : , , ,
Flickr : , , ,


Responses

  1. siapa bilang golkar tidak berani jauh2 dari kekuasaan, buktinya sekarang golkar sudah berani mengambil keputusan untuk mengumumkan nama calon wakil presiden dari partai hanura. meskipun menurut pengamatan saya mereka gak akan menang…..Kasian yah pak JK buang2 duit aja

    • ya sih, JK akhirnya maju juga, tapi banyak lho petinggi Golkar yang cemas bakalan kalah, makanya mereka ada yang main lirik mata sama SBY, siapa tahu cara JK dulu manjur juga utk mereka. Banyak kan petinggi Golkar yang pengin jadi RI 2 mendampingi SBY.
      Tentang perkembangan Golkar terakhir sdh saya tulis di Golkar, Kegagalan Parpol dalam Membangun Tradisi Demokrasi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: