Oleh: pak mayar | April 28, 2009

Aneh : UN SMP 2009, Pejabat Diknas Bengkulu Selatan Bolehkan Siswa Pakai Kalkulator

Pejabat Diknas Bengkulu Selatan (BS) membolehkan siswa peserta UN 2009 tingkat SMP di BS memakai kalkulator dalam ujian.

Kabid Dikdas Dikdispora BS, Drs Junaidi Ramli MPd seperti yang ditulis oleh harian Rakyat Bengkulu (RB) Selasa 28 April 2009, membenarkan kebijakan tersebut. Dijelaskan bahwa kalkulator itu boleh digunakan dalam ujian matematika dan fisika, agar memudahkan siswa mengerjakan ujian.

Ketika RB melakukan konfirmasi kepada Kadis Diknas Provinsi Bengkulu, Drs Sumardi MM, kebijakan tersebut tegas-tegas ditolaknya. Menurutnya kebijakan di BS tersebut bertentangan dengan aturan yang ada. Jika ada siswa yang membawa kalkulator harus segera diambil pengawas. Nah…kok nggak sama ?

Pelaksanaan UN 2009 di BS memang penuh warna. Kasus 16 kepala sekolah, 9 guru dan 1 pejabat Diknas BS yang ditahan polisi belumlah selesai. Kini ada lagi kejadian baru. Penggunaan kalkulator dalam ujian. Kalau ini benar dibolehkan …wah daerah lain akan ikutan donk.

Namun rasanya hal itu tidak akan terjadi. Matematika dan IPA baru akan diujikan pada hari ketiga dan keempat (tanggal 29 dan 30 April 2009). Hampir pasti Kabid Dikdas Dikdispora BS itu akan segera mendapatkan teguran dari atasannya di Diknas Provinsi. Dan kebijakannya akan dibatalkan.

Bagaimana jika tidak ? Peserta UN SMP 2009 di BS benar-benar boleh pakai kalkulator dalam ujian matematika dan fisika. Menurut RB ini akan menjadi kejadian pertama dalam sejarah pelaksanaan UN di Indonesia.

Bisa masuk rekor MURI donk. Dua rekor sekaligus. Penahanan 16 kepala sekolah rekor pertama. Penggunaan kalkulator rekor kedua. …Aduh jangan deh kita dapat rekor yang buruk-buruk lagi. Malu.

Akhirnya kejadian ini menambah daftar catatan hitam terkait pelaksanaan UN. Dan daftarnya akan makin bertambah panjang jika UN tetap dijadikan sebagai penentu kelulusan.

Powered by Zoundry Raven

Flickr : , , ,
Zooomr : , , ,
Del.icio.us : , , ,
Technorati : , , ,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: