Oleh: pak mayar | Juni 16, 2009

Kecurangan UN, Hasil UN dan SNMPTN 2009

Hasil UN 2009 untuk tingkat SMA sudah diumumkan. Secara umum hasilnya baik. Meski standar kelulusan dinaikkan  tapi nilai rata-rata UN 2009 justru meningkat. Bahkan ada daerah yang kelulusannya 99%. Hebat, …UN terbukti mampu memperbaiki mutu pendidikan Indonesia. Benarkah ?

Kalau kita hanya membaca angka-angka kelulusan UN 2009 maka kesimpulan di atas bisa jadi benar. Namun kalau kita mau secara jujur melihat bagaimana proses UN dijalankan tentu kita akan mempunyai kesimpulan berbeda. Kecurangan sistematis masih saja terjadi.

Dalam pelaksanaan UN 2009 ini kita masih melihat ada kepala sekolah dan guru tertangkap basah melakukan kecurangan. Jawaban UN beredar luas dalam bentuk fotocopyan dan sms dikalangan siswa. Dan terakhir adanya puluhan sekolah yang harus mengikuti UN Ulang karena terbukti LJK siswa memiliki pola jawaban yang sama dan kebetulan tidak lulus semua.

Itulah sebabnya pihak perguruan tinggi tidak mau mengakui hasil UN. Kenapa ? Karena mereka tahu, hasil UN tidak dapat dipertanggungjawabkan. Mereka tidak mau dikibulin oleh angka-angka yang diperoleh dengan cara-cara yang tidak wajar yang selama ini telah membudaya dalam  pelaksanaan UN.

Maka bagi lulusan UN 2009 yang ingin masuk ke PTN favorit…kini saatnya perjuangan yang sesungguhnya dimulai. Harus belajar keras lagi karena tidak lagi bisa mengharap ada bocoran jawaban, atau adanya tim sukses yang siap membantu. Semuanya harus dilakukan sendiri dengan cara yang murni.

Seandainya saja hasil UN bisa diakui pihak perguruan tinggi maka betapa banyak waktu, energi dan biaya yang bisa dihemat. Cukup belajar keras menyiapkan UN, selesai UN hasilnya bagus, kirim ke pihak perguruan tinggi, diranking….lalu lolos. Kayak masuk SMP dan SMA pokoknya.

Tidak perlu lagi ikut Bimbel, tidak perlu lagi ikut test SNMPTN.  Tidak seperti sekarang ….Capek deh !!!!Tags: , , , ,

Powered by Qumana


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: