Oleh: pak mayar | Juni 17, 2009

Persahabatan Siswa Sekolah Dasar Antar Negara: Sebuah Gagasan

Hai, saya adalah pengurus sebuah yayasan pendidikan katholik di Bengkulu, Sumatera, Indonesia. Melalui artikel ini saya bermaksud mengajak guru-guru sekolah dasar dari negara mana saja untuk bekerja sama mengembangkan kegiatan belajar yang mampu menumbuhkan semangat persahabatan antar negara.

Semangat ini penting untuk kita tanamkan pada siswa kita karena kita percaya bahwa kehidupan umat manusia di bumi ini akan makin baik jika tumbuh persahabatan yang kuat antar negara. Dan kita tahu bahwa siswa kita yang kini di sekolah dasar adalah calon-calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang.

Kita boleh berharap bahwa jika sejak kecil mereka telah mengenal keragaman budaya antar negara secara personal, kelak mereka akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang sanggup membangun kerjasama antar bangsa berdasarkan persahabatan yang tulus untuk kebaikan bersama.

Bentuk kerjasama ini dapat dikembangkan dalam mata pelajaran apapun. Pelajaran ilmu pengetahuan social adalah mata pelajaran yang paling tepat. Tapi kita juga bisa mengembangkan kegiatan ini dalam mata pelajaran yang lain misalnya pelajaran bahasa atau pelajaran seni budaya.

Kerjasama ini kita rancang dengan cara kita memberikan tugas siswa kita untuk menyusun laporan tentang kebudayaan suatu bangsa. Laporan itu harus disusun dengan menggunakan narasumber dari anak-anak sekolah dasar setempat. Setiap anak akan menjadi narasumber bagi anak lainnya di negara yang berbeda.

Hasil akhir dari kegiatan ini tidak terletak pada mutu laporan anak, melainkan pada tumbuhnya kerjasama dan persahabatan siswa antar bangsa. Sesudah kerjasama ini selesai, kita berharap anak-anak kita tetap dapat saling berhubungan sehingga persahabatan tersebut terus berkembang hingga mereka dewasa.

Mungkin saja kita bisa secara bersama-sama membuat dan mengelola sebuah blog untuk kerjasama ini. Sebuah blog dimana anak-anak kita dapat saling berhubungan setiap saat dengan sahabat-sahabatnya yang berasal dari berbagai negara.

Anda tertarik dengan usulan saya? Silakan memberikan tanggapan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: