Oleh: pak mayar | Juli 3, 2009

Cara Contreng Yang Baik Adalah Contreng Nomer 2 : Sebuah Iklan Politik Tanpa Etika

Anda sudah lihat iklan ini. Iklan ini dibuat mirip seperti iklan sosialisasi tata cara memilih dalam pilpres. Sosialisasi ini sesungguhnya adalah tanggung jawab KPU, tapi sayang dananya terbatas, akibatnya iklan KPU tidaklah gencar. Maka Tim Sukses SBY terpanggil membuat iklan yang mirip-mirip iklan KPU demi suksesnya pilpres dan demokrasi. SBY …baik kan ?

Iklan ini tentu tidak akan efektif mempengaruhi pendukung fanatik Mega dan JK. Iklan ini juga tidak akan laku bagi masyarakat kelas menengah yang terdidik. Tetapi pembuat iklan tahu persis mayoritas pemilih kita berasal dari kelas bawah yang tidak terdidik. Menurut KPU bahkan 60% pemilih berpendidikan SD dan tidak bersekolah. Agaknya kelompok inilah yang menjadi target iklan ini.

Ada kemungkinan kelompok masyarakat bawah yang berpendidikan rendah ini akan termakan iklan ini. Mengikuti iklan ini mereka membuat kesimpulan :mencontreng yang baik adalah mencontreng nomer 2. Dengan kata lain mencontreng nomer 1 atau 3 bukan cara mencontreng yang baik. Tentu inilah yang diharapkan pembuat iklan ini. Meski mereka akan bersilat lidah menolak bahwa iklannya tidak mempromosikan mencontreng nomer 1 dan 3 adalah cara mencontreng yang tidak baik.

Apapun alasannya iklan ini adalah bukti bahwa politik itu bisa dijalankan tanpa etika. Alih-alih membuat iklan yang mencerdaskan masyarakat, iklan ini justru sengaja dibuat dengan memanfaatkan kebodohan masyarakat.

Tragis, tugas pemimpin adalah meningkatkan kecerdasan bangsa. Tapi yang terjadi pemimpin justru memanfaatkan dan memanipulasi kebodohan rakyat untuk nafsu kekuasaan mereka. Sesungguhnya hal ini telah terjadi berulangkali, dengan cara berbeda dengan masalah yang beragam …..inilah Indonesia. Tapi sampai kapan rakyat akan terus dibodohi……???


Technorati : , , ,
Del.icio.us : , , ,
Ice Rocket : , , ,
Zooomr : , , ,
Buzznet : , , ,
43 Things : , , ,

Powered by Zoundry


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: