Oleh: pak mayar | Juli 10, 2009

SBY Bisa Menjadi Tokoh Besar Jika ……

Penghitungan suara oleh KPU belumlah usai. Tapi berbagai tayangan hitung cepat sudah bisa dilihat di televisi. SBY menang satu putaran. Ia memperoleh mandat rakyat untuk melanjutkan pemerintahannya yang kedua. Meski pendukung Mega dan JK kecewa, tapi hasil ini harus diterima.

Akan baik memang jika Mega dan JK segera mengajak pendukungnya untuk menatap ke depan. Memberikan dukungan bagi presiden terpilih, memberinya kesempatan untuk mewujudkan segala janjinya kepada rakyat, kepada bangsa ini. Tentu saja dengan tidak meninggalkan sikap kritis, karena pemerintahan harus dikontrol.Partai pendukung Mega dan JK bisa memainkan fungsi kontrol itu secara elegan di parlemen. Partai oposisi juga memiliki peran penting dalam alam demokrasi.

Bagi Golkar ini pertama kalinya mereka menjadi partai oposisi. Rasanya partai ini akan bisa menjalankan peran ini dengan baik. Lima tahun terakhir politisi mereka masih mampu bersikap kritis meski partai ini termasuk dalam koalisi pemerintahan SBY. Tapi ini akan tergantung pada friksi internal partai Golkar paska kekalahan JK nanti. Faksi-faksi yang dulu menentang pencalonan JK ada kemungkinan akan melakukan upaya untuk menyingkirkan JK.

Paska kekalahan telak Golkar di pemilu legislatif April 2009 lalu, ada beberapa petinggi Golkar yang berkehendak kuat merapat ke kubu SBY. Bahkan ketika JK tidak dikendaki SBY, mereka masih mau mengajukan cawapres selain JK. Apakah kelompok ini akan kembali melakukan upaya-upaya mendekati kubu SBY ? Jika hal ini terjadi dan akhirnya mampu menyeret sikap politik partai Golkar di parlemen maka akan mengubah perimbangan kekuatan. SBY dan Demokrat akan mendapatkan dukungan yang amat kuat di parlemen.

Jika hal di atas terjadi SBY akan memiliki modal politik yang kuat bagi pemerintahannya 5 tahun ke depan. Kita semua berharap ia mampu menggunakannya untuk memenuhi harapan seluruh rakyat. SBY tentu ingin dicatat dengan tinta emas dalam sejarah negeri ini. Tetapi tinta emas itu akan ditorehkan jika ia sungguh-sungguh punya prestasi luar biasa bagi bangsa ini. Prestasi yang biasa-biasa saja tidak akan membuatnya menjadi tokoh besar dalam sejarah.

Mari kita kompori pak SBY agar ia segera berpikir sebagai tokoh besar. Dengan ide-ide besar, dengan kemauan besar, dengan rasa percaya diri yang besar. Karena negeri ini butuh lompatan besar.

SBY yang rendah hati, SBY yang suka jaim, SBY yang melankolis, SBY yang suka minta dikasihani dan SBY yang percaya sihir…… itu adalah masa lalu. Meski semua itu mampu membuat dirinya memenangi pemilu, namun hal itu tidak akan membuat dirinya menjadi tokoh besar.


Technorati : , , ,
Del.icio.us : , , ,
Ice Rocket : , , ,
Zooomr : , , ,
Buzznet : , , ,
Riya : , , ,
43 Things : , , ,

Powered by Zoundry


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: