Oleh: pak mayar | September 15, 2009

Islam Itu Sungguh-sungguh Baik

Apa arti seorang sahabat dalam hidup ini. Uh banyak. Ia bahkan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam proses untuk tumbuh ..untuk menjadi. Tiap hari kita terus tumbuh. Dan itu artinya kita membutuhkan sahabat …setiap hari.

Pagi ini seorang sahabat, tiba-tiba saja nongol di layar komputerku. Memang sengaja aku ketikkan namanya di google. Berharap menemukan kejutan. Dan hup. Ada nama yang kucari. Urutan pertama menuju facebook. Aku klik dan ada foto disitu. Olala, tidak salah lagi. Inilah sahabatku dulu, 18 tahun yang lalu.

Dia adik kelasku di Sanata Dharma dulu. Sering tiba-tiba nongol ke rumah. Ngobrol hingga malam, hingga pagi. Di warung mbah Wongso di perempatan Wirobrajan yang sohor itu. Masa mahasiswa penuh pergulatan, masa pencarian. Dan kami cocok saja ngomong ke sana kemari. Bicara tentang nasib bangsa. Kira-kira begitulah. Apapun kita omongin, sampai pagi.

Ah rindu rasanya bisa seperti itu lagi. Masa dimana malam terasa begitu panjang. Masa dimana kaki ini bebas kemanapun melangkah. Masa dimana kegelisahan dan kegairahan seakan-akan sampai ke ujung langit. Ya ujung langit meski kuliah nggak kelar-kelar.

Tapi bukan itu yang hendak aku ceritakan. Ada yang berharga dari sahabatku, ia seorang muslim yang taat. Aku sendiri seorang kristen dengan penghayatan iman bak gejolak harga saham. Sesekali kami sering berbagi tentang pemahaman dan penghayatan agama. Tidak dalam suasana perbantahan. Persahabatan kami terlalu kuat, hingga dengan gampang kami selalu bisa menghindarinya.

Dari sahabatku aku mengenal Islam secara personal, secara hidup. Islam itu hadir didalam dirinya. Islam itu hadir dalam segala perjumpaan yang aku alami dengan sahabatku tersebut. Membentuk sebuah pemahaman dan menjadi kekayaan batin, yang kusimpan hingga hari ini …Islam itu sungguh-sungguh baik. Aku tidak pernah ragu tentang hal itu …meski banyak berita buruk muncul …

Aku bersyukur pernah punya sahabat …yang berbeda …


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: