Oleh: pak mayar | Oktober 1, 2009

13 Korban Penculikan dan Ironi Demokrasi KIta

Senin 28 Sept 2009, Pansus Penanggulangan atas Hasil Penyelidikan Peristiwa Penghilangan Orang secara Paksa periode 1997-1998 merekomendasikan sejumlah hal penting kepada pemerintah.

Berikut adalah 4 rekomendasi pansus :

1. Merekomendasikan kepada Presiden untuk Pengadilan HAM Ad Hoc.

2. Merekomendasikan kepada Presiden serta segenap institusi pemerintah serta pihak-pihak terkait untuk segera melakukan pencarian terhadap 13 orang yang oleh Komnas HAM masih dinyatakan hilang.

3. Merekomendasikan kepada Pemerintah untuk merehabilitasi dan memberikan kompensasi terhadap keluarga korban yang hilang.

4. Merekomendasikan kepada pemerintah agar segera meratifikasi Konvensi Anti Penghilangan Paksa sebagai bentuk komitmen dan dukungan untuk menghentikan praktek Penghilangan Paksa di Indonesia.

Kasus 13 orang hilang ini memang melelahkan. Ini adalah hutang reformasi yang hingga hari ini belum terbayar lunas. Demokrasi dan kebebasan yang kita bangga-banggakan ternyata tidak berguna. Butuh waktu 11 tahun hingga dewan yang terhormat itu mau memihak keadilan. Inipun belum menjadi jaminan bahwa dalam waktu-waktu dekat kasus ini dapat diungkap tuntas.

Kini bola panas ada di tangan presiden. Akankah ia mampu menjalankan rekomendasi DPR ini ? Rasanya sulit. Sebagai bagian dari kaki tangan Orde Baru di masa lalu ia punya hambatan besar untuk melakukannya. Mungkin ia tidak terlibat langsung dengan kasus penculikan ini. Tetapi sulit dibantah bahwa ia tidak bisa steril dari segala bentuk politik represif yang pernah dipraktekkan Orde Baru. Jika satu demi satu praktek politik represif yang menindas dan melanggar HAM di masa Orde Baru dahulu diusut tuntas, maka tinggal menunggu waktu saja bahwa ia akan mendapatkan gilirannya.

Reformasi memang mampu mengganti pemerintahan otoriter menjadi demokratis, tetapi ternyata ia gagal untuk mengganti rezim lama yang korup dan menindas. Inilah ironi demokrasi kita. Demokrasi kita terpenjara oleh masa lalu.

Powered by Zoundry Raven

Technorati : , , , , ,
Del.icio.us : , , , , ,
Zooomr : , , , , ,
Flickr : , , , , ,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: