Oleh: pak mayar | Oktober 15, 2009

Kuasi Oposisi PDIP?

kuasi oposisi.jpg

Kemenangan ganda SBY dalam pileg dan pilpres 2009 serta gejolak politik terkini tentang koalisi besar membuat banyak pihak kawatir. Ada gejala terang-terangan untuk membentuk pemerintahan super kuat dengan mengurangi kekuatan control dalam perlemen.

Golkar memang ditakdirkan untuk mengabdi pada kekuatan yang dominan. Maka dengan mudah SBY merangkul Golkar. Dengan PDIP memang agak berbeda. Ada kerugian politis tertentu jika secara bulat-bulat PDIP digabungkan dalam koalisi besar. Aka ada kesan Demokrat tidak peduli dengan upaya membangun tatanan kehidupan politis yang demokratis.

Tetapi membiarkan PDIP secara penuh memainkan peran oposisi tentu tidak diharapkan SBY. Masih jelas dalam ingatan kita betapa SBY harus kehilangan muka karena tidak berani hadir di DPR untuk menanggapi hak interpelasi dalam kasus obligator BLBI dan sanksi PBB terhadap Iran. Bak buah simalakama, tidak hadir artinya menjadi pecundang. Jika hadir harus bersiap menghadapi debat yang panas dan jika argumennya tidak diterima resiko politiknya akan sangat besar. Ini adalah mimpi buruk, SBY tentu tidak ingin mengulangnya kembali.

Maka hubungan intim Demokrat dengan PDIP kini ibarat teman perselingkuhan. Didambakan tapi tidak ingin terang-terangan. Ditutupi tapi baunya tetap kemana-mana . Soal ketua MPR adalah bukti. Dan lihat saat mereka saling berkata-kata di media tentang oposisi PDIP. Bahasanya begitu santun dan saling menjaga perasaan. Mau jadi oposisi kok berkata-kata mesra. Yang dioposisi juga senyum-senyum senang.

Jika hal di atas benar begitu adanya, maka inilah dagelan politik kontemporer kita. Oposisi PDIP adalah oposisi pura-pura. Sebuah kuasi oposisi, sebuah kuasi demokrasi*. Dan sebuah penipuan kepada rakyat tengah dilakukan.

*kuasi demokrasi, demokrasi semu (RA Dahl)

Powered by Zoundry Raven

Flickr : , ,
Zooomr : , ,
Del.icio.us : , ,
Technorati : , ,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: