Oleh: pak mayar | Oktober 30, 2009

Pig artinya : babi, celeng dan ….polisi.

Mungkin sudah ada yang tahu. Tapi mungkin juga ada yang belum tahu. Di negeri pangeran Charles, dulu polisi itu dipanggil dengan sebutan pig. Babi ya benar babi. Bahkan kini kadang-kadang sebutan ini masih terlontar. Ketikkan saja di kamus online, pakai Google boleh juga. Ketik kata pig. Tunggu sebentar. Dan lihat terjemahannya. Pig artinya : babi, celeng dan ….polisi.

Tentu sebutan “terhormat” itu tidak lahir tiba-tiba. Inggris sesungguhnya adalah pelopor munculnya polisi modern. Tetapi toh dalam sejarah perkembangannya si Scotland Yard ini pernah mengalami masa-masa pahit. Tugas yang berat, system yang belum tertata, disiplin yang rendah, manajemen yang lemah dan masyarakat yang individualisme amat tinggi, membuat mereka pernah memiliki kinerja yang buruk. Dan tentu saja mereka dibenci oleh masyarakat Inggris. Maka menyamakan polisi dengan babi adalah sebuah cercaan pedas yang popular dan dipakai dimana-mana. Hingga istilah itu masuk dalam kamus.

Begitu kira-kira jalan ceritanya. Kisah ini saya baca jaman dulu, ketika saya sedang pengin jadi polisi. Kini tidak lagi. Bagaimana di Indonesia ? Indonesia mah, sudah biasa ditindas. Mental inlander. Nggak mungkin bikin gelar-gelar yang nggak bermutu, hanya untuk melampiaskan nafsu. Polisi abdi masyarakat,ya kita ngangguk-angguk saja. Kita mah orang baik. Orang Inggris itu kasar, nggak tahu sopan santun. Ya nggak usah ditirulah.

Gitu kan, pak polisi, setuju kan anda ?

Powered by Zoundry Raven

Flickr : , , ,
Zooomr : , , ,
Del.icio.us : , , ,
Technorati : , , ,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: