Oleh: pak mayar | Desember 11, 2009

Pahlawan, Ikon Rekaan yang Sia-sia ?

Rambo siapa tidak kenal nama ini. Jagoan Amerika di rimba perang Vietnam. Seorang diri ia mampu menghancurkan para Vietcong. Seorang diri ia mampu membebaskan para serdadu Amerika yang ditawan di Vietnam.

Tapi itu hanya tokoh rekaan Hollywood. Kenyataan yang ada tidaklah begitu. Perang Vietnam adalah mimpi buruk bagi bangsa Amerika. Mereka terusir dengan rasa malu dari sana. Tidak ada kemenangan gilang gemilang, yang ada kekalahan yang pahit. Negara adidaya itu tak sanggup menang, meski lawannya adalah bangsa terbelakang.

Ada banyak film perang Vietnam. Film perang Vietnam yang jujur juga banyak. Namun begitu tidak ada yang lebih popular dari Rambo. Film ini bahkan dibuat sekuelnya hingga film ke 4. Rambo bahkan menjadi ikon yang hidup di benak bangsa Amerika.

Sebuah ikon, meski rekaan ia diperlukan. Ikon itu perlu untuk menghidupkan rasa bangga. Di tengah kenyataan yang getir, rasa bangga itu adalah tenaga untuk meneruskan kehidupan, untuk menyatukan langkah, untuk mengejar mimpi bersama.

Bagaimana dengan kita ? Semoga masih banyak yang ingat hari ini adalah hari pahlawan. Sebuah perlawanan heroik terjadi 64 tahun yang lalu di Surabaya. Pertempuran yang tidak masuk akal. Dari segi tertentu bahkan nampak sia-sia. Tiba-tiba saja republik yang masih belia itu harus kehilangan 16.000 tenaga sipil dan tentara. Tak terhitung kehilangan sarana perang yang susah payah dikumpulkan.

Pertempuran Surabaya sesungguhnya adalah cerita tentang kekalahan besar. Namun kita tidak pernah mengingatnya dengan cara demikian. Karena jika begitu kita tidak akan menemukan rasa bangga. Kita membutuhkan rasa bangga itu. Dulu dan sekarang kita membutuhkannya, untuk menyatukan diri kita, untuk mengejar mimpi bersama kita.

Benarkah demikian? Menyatukan diri kita. Mengejar mimpi bersama kita. Masihkan hari ini kita melakukannya ?

Powered by Zoundry Raven

Flickr : , ,
Zooomr : , ,
Del.icio.us : , ,
Technorati : , ,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: