Oleh: pak mayar | Desember 3, 2013

Muter Film

Jadi guru jaman sekarang ini enak. Ada teknologi bisa dimanfaatkan sebagai  alat bantu mengajar. Jadi nggak cuman ngomong doang. Dulu waktu masih mengajar sejarah saya suka muter film. Soalnya banyak sekali film-film yang terkait dengan materi pelajaran sejarah, banyak sekali.

Misalnya membahas perang Aceh, wajib hukumnya anak saya minta untuk menonton film Cut Nya Dien Eros Djarot itu. Membahas tentang konflik Kamboja, anak wajib menonton film The Killing Fieldnya Rollad Joffe. Membahas tentang lomba penaklukan ruang angkasa era perang dingin, anak wajib menonton The Space Racenya BBC.

Untuk membahas evolusi manusia purba pasti saya puterin film The Cave Man dari BBC. Pokoknya masih banyak lagi, soalnya banyak sekali film-film bagus bikinan BBC ,  Discovery Channel atau produser manapun yang penting kita selektif.

Pernah ada guru lain yang koment “Pelajaran sejarah kok nonton film terus, males ngajar ya?” Hehehe, saya tenang-tenang saja, lha wong anak-anak pada suka kok, kadang malah pada nagih.

Film dalam pelajaran sejarah sangat penting, kenapa? O banyak sekali gunanya. Pertama soal motivasi belajar, kalau pakai film nggak usah deh pakai didorong-dorong, pada semangat deh. Kedua soal pengalaman belajar, dengan nonton film lebih menyenangkan, lebih mudah masuk, lebih banyak yang bisa didapat karena tampil secara audio visual, mau yang umum yang detail semuanya ada dalam film.

Ketiga, ini yang bagi saya penting, film bisa menghadirkan jiwa suatu jaman sesuatu yang kadang sulit ditangkap anak dalam textbook pelajaran sejarah. Jiwa jaman itu hadir di dalam latar, di dalam tokoh, di dalam kejadian, juga di akhir film. Hehehe apasih jiwa jaman itu? Huh jiwa jaman itu sesuatu yang menggerakkan roda jaman.

 


Responses

  1. belajar sejarah atau buka bioskop pak
    tapi setuju, daripada guru banyak ngomong malah ngantuk
    pelajaran sejarah membosankan kalau guru banyak ngomong


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: