Oleh: pak mayar | Desember 11, 2013

Pelajaran TIK dan K13

Kasihan para guru TIK alias guru komputer kita. Kenapa? Karena di kurikulum 2013 tidak ada lagi pelajaran TIK. Beneran? Bener, kali saja yang menyusun kurikulum sadar betul bahwa TIK itu tidak penting, makanya dihapus.

TIK tidak penting? Yalah ngapain belajar TIK, nggak usah belajar di sekolah saja anak-anak kita sudah pada pinter pakai komputer kok. Eh tahu nggak, apa yang kita lakukan ini sekarang sama dengan yang terjadi di dunia pendidikan di Inggris lho.

Di Inggris belakangan ini para ilmuwan mereka sadar bahwa ada yang salah dengan pelajaran TIK di kurikulum mereka. Itulah mereka kemudian membuat penelitian dan hasilnya mereka tuangkan dalam laporan berjudul “The Royal Sciety Report, Shut down or Restart: The way forward of computing in UK schools”.

Isinya kira-kira begini deh, mereka menemukan bahwa pelajaran TIK di Inggris hanya bikin anak-anak Inggris jadi konsumen teknologi saja. Itulah makanya Inggris ketinggalan dengan negara lain dalam pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. Karena itu mereka sadar pelajaran TIK harus dihapus dan harus diganti dengan “Computer Science” alias pelajaran ilmu komputer.

Dengan menguasai ilmu komputer mereka berharap anak-anak Inggris tidak lagi menjadi konsumen teknologi tetapi mereka berubah menjadi produsen teknologi, alias mampu menjadi pencipta baik hardware maupun software yang dibutuhkan manusia untuk meningkatkan kinerjanya dalam berbagai bidang kehidupan. Sementara dengan pelajaran TIK hanya akan bikin anak jadi tukang input data alias user saja.

Hehehehe, gimana dengan kita bung? Kita nggak seperti itu, pelajaran TIK dihapus dan tidak diganti apapun. Kita sadar juga sih kita sekarang ini jadi konsumen teknologi dan rupa-rupanya si pembuat kurikulum 2013 pengin bangsa kita ini selamanya jadi konsumen teknologi, jadi user, jadi tukang input data.

Bagi bapak ibu yang pada punya sekolah sendiri, kalau kasihan pada nasib bangsa ini ke depan jangan bongkar dulu lab komputer sekolah bapak ibu ya. Biar saja kurikulum 2013 tidak ada pelajaran TIK, tapi mari tetap kita berikan anak-anak kita dengan pengetahuan dan skill yang dibutuhkan bagi kemajuan mereka dan kemajuan bangsa di masa depan, yaitu ilmu komputer.

Bagi bapak ibu guru TIK, optimis saja deh, kelak habis pemilu  kan mendikbud ganti, doain saja deh K13 yang super ngawur ini ntar diganti ama mendikbud yang baru. Apalagi kalau presidennya Jokowi. hehehe


Responses

  1. Ah yang membuat kurikulum 2013 tentu kan orang2 pinter, pasti sudah dipertimbangkan masak2, terlalu banyak mata pelajaran tdk bagus untuk anak2 kita, soal pelajaran ilmu komputer nanti di perguruan tinggi mrk akan mendapatkannya tidak harus dari SD kan?

  2. nice info, kalau TIK dihapus terus nggak ada gantinya, ini kira2 pesenan siapa ya? kalau penguasaan TIK kita payah yang seneng pasti orang luar ya, soale pasar Indonesia ini besar sekali dan gaya orangnya ampun maunya ngejar yg baru melulu, padahal fungsinya cuman utk gengsi, giliran pakai ya cuman utk main game eh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: